welcome to my blog

Jumat, 03 Februari 2012

STRATEGI PEMBELAJARAN

BAB 1
A.PENGERTAN BELAJAR
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorng untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhann , sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. 
            Ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam belajar yaitu:
1.      Perubahan terjadi secara sadar
2.      Perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan funsional
3.      Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
4.      Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara
5.      Perubahan dalm belajar bertujuan atau terarah
6.      Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku
B.JENIS-JENIS BELAJAR
1.      Belajar bagian ( part learning, fractioned learning )
2.      Belajar dengan wawasan ( learning by insight )
3.      Belajar diskriminatif ( discriminatif learning )
4.      Belajar global / keseluruhan ( global whole learning )
5.      Belajar insidental ( incidental learning )
6.      Belajar instrumental ( instrumental learning )
7.      Belajar intensional ( intentional learning )
8.      Belajar  laten ( latent learning )
9.      Belajar mental ( mental learning )
10.  Belajar produktif ( produktive learning )
11.  Belajar verbal ( verbal learning )
TEORI-TEORI BELAJAR
1.      TEORI GESTALT
Didalam belajar yang terpenting adalah adanya penyesuaian pertama yaitu memperoleh response yang tepat untuk memecahkan problem yag dihadapi.
Prinsip belajar menurut teori Gestalt.
a)      Belajar berdasarkan keseluruhan
b)      Belajar adalah suatu proses perkembangan
c)      Siswa sebagai organisme keseluruhan
d)     Terjadi transfer
e)      Belajar adalah reorganisasi pengalaman
f)       Belajar harus dengan insight
g)      Belajar lebih berhasil bila berhubungan dengan minat keinginan dan tujuan siswa
h)      Belajar berlangsung terus menerus

2.      Teori Belajar Menurut J.Bruner
Kata Bruner belajar tidak untuk mengubah tingkah laku seseorang tetapi untuk mengubah kurikulum sekolah menjadi sedemikian rupa sehingga siswa dapat belajar lebih banyak dan mudah.Dalam lingkungan banyak hal yang dapat dipeljari siswa, yaitu dapat digolongkan menjadi; a) enactive, b) iconic, c) symbolic.
Dalam belajar guru perlu memperhatikan empat hal yaitu:
1)      Mengusahakan agar setiap siswa berpartisipasi aktif
2)      Menganalisis struktur materi yang akan diajarka
3)      Menganalisis sequnce
4)      Memberi reinforcement dan umapan balik ( feed-back ).
3.      TEORI BELAJAR dari PIAGET
Pendapat Piaget mengenai perkembangan proses belajar pada anak-anak adalah sebagai berikut:
1)      Anak mempunyai struktur mental yang berbeda dengan orang dewasa.
2)      Perkembangan mental pada anak melalui tahap-tahap tertentu.
3)      Berlangungnya tahap-tahap perkembangan itu melalui sesuatu urutan tertentu , tetapi jangka waktu untuk berlatih dari suatu tahap yang lain tidaklah selalu sama pada setiap anak.
4)      Perkembangan mental anak dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu kemasakan, pengalaman , interaksi sosial , dan equilibration.
5)      Ada 3 tahap perkembangan, yaitu
a.       Berpikir secara intutiatif 4 tahun
b.      Beropperasi secara konkret 7 tahun
c.       Beroperasi secara formal 11 tahun.

4.      TEORI dari R.Gagne
Gagne memberikan dua definsisi yaitu:
1)      Belajar ialah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan , keterampilan , kebiasaan, dan tingkah laku .
2)      Belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang diperoleh dari instruksi.
Gagne mengatakan pula bahwa segala sesuatu yang dipelajari oleh manusia dapat dibagi menjadi 5 kategori, yang disebut “ the domains of learning” yaitu keterlampilan ,motoriks, informasi verbal , kemampua intelektual, strategi kognitif, dan sikap.
BAB 2
A.TEORI-TEORI MENGAJAR
Teori-teori yang dimaksud dikaitkan  dengan apa mengajar itu.                                    Mengajar adalah penyerahan kebudayaan berupa pengalaman-pengalaman dan kecakapan kepada anak .
Pembelajaran yang Efektif
A.HAKIKAT PEMBELAJARAN EFEKTIF
Perencanaan pembelajaran berkenaan dengan keputusan yang diambil guru dalam mengorannisasikan , mengimplementasikan , dan mengevaluasi hasil pembelajaran ( Burden & Byrd, 1999).Perencanaan merupakan tugas hsil pembelajaran  sangat penting  dilakukan oleh guru. Tujuan perencaaan adalah memberi jaminan pembelajar akan belajar dengan baik.Oleh karena itu , perencanaan membantu menciptakan , mengelola, dan mengorganisasi peristiwa-peristiwa pembelajaran yang memungkinkan kegitan belajar terjadi.
B.FAKTOR-FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN KEGIATAB PEMBELAJARAN
1)      Isi ( Content ) Pelajaran
2)      Bahan
3)      Strategi Pembelajaran
4)      Perilaku Guru
5)      Menstruktur Pelajaran
6)      Lingkungan Belajar
7)      Pebelajar
8)      Durasi Pembelajran
9)      Lokasi Pembelajaran
C.KARAKTERISTIK GURU
1)      Banyak pengalaman mengajar
2)      Filosofi belajar-mengajar
3)      Pengetahuan guru tentang isi pelajaran
4)      Gaya guru dalam  mengorganisasikan pembelajaran
5)      Harapan-harapan menata kelas
6)      Perasaan aman dan kontrol pembelajaran.
D.GURU YANG EFEKTIF
Rosanshine ( 1989 ) mengidentifikasikan  6 hal tentang guru yang efektif sebagai berikut:
1)      Melakukan Reviu Harian
2)      Menyiapkan Materi Baru
3)      Melakukan Praktik Terbimbing
4)      Menyediakan Balikan dan Koreksi
5)      Melaksanakan Praktik Mandiri
6)      Reviu Mingguan dan Bulanan
E.PENDEKATAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
Pendekatan pembelajaran yang efektif adalah pendekatan pembelajtan yang berpusat pada pebelajar.Dalam hal ini banyak pendekatan yang dapat dipelajari, namun dalam hal ini hanya 3 jenis pendekatn yang saat ini banyak diterapkan , yaitu:

1)      Belajar Mandiri ( Independent Learning )
Belajar mandiri ialah merupak kegitatan inti.Peningkatan yang ditekankan pada belajar mandiri diakui bahwa belajar bukan sesuatu yang dapat dilakukan oleh orang lain untuk pebelajar, melainkan harus dikerjakan oleh pebelajar itu sendiri.
Manfaat belajar mandiri yaitu belajar aktif, kebutuhan individual pebelajar , motivasi pebelajar, dan peranan pengajar yang sangat berperan.
2)      Pembelajaran Terpadu ( Integrated Learning )
Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan pembelajaran untuk mencapai keterampilan – keterlampilan belajar sepanjang hayat. Pendekatan pembelajaran terpadumrpusatembantu pebelajar memalui belajar aktif, menilai diri sendiri, individualisasi, dan belajar mandiri.
3)      Belajar Berbasis Masalah ( Problem-Based Learning )
Belajar berbasis masalah (BBM) adalah belajar yang berpusat pada pebelajar dan  juga menggambarkan metode belajar inti atau suplemen pembelajaran.



1 komentar:

  1. oke, thx untuk infonya..

    tapi, yang aq blum tau tentang teori mengajar apa ja ne..
    tolong di infokan ya..

    ^_^

    BalasHapus